Berikut adalah contoh program rental mobil beserta penjelasan lengkap fungsi yang digunakan
using System;
using System.Collections.Generic;
namespace RentalMobil
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
// Inisialisasi objek mobil
Mobil mobil = new Mobil("Avanza", "Toyota", 2019, "Hitam");
// Menampilkan informasi mobil
Console.WriteLine("Informasi Mobil:");
Console.WriteLine("Merek: " + mobil.Merek);
Console.WriteLine("Merek: " + mobil.Tipe);
Console.WriteLine("Tahun: " + mobil.Tahun);
Console.WriteLine("Warna: " + mobil.Warna);
// Memanggil method untuk menyewa mobil
mobil.Sewa();
// Memanggil method untuk mengembalikan mobil
mobil.Kembalikan();
// Menunggu user menekan tombol sebelum keluar dari program
Console.ReadKey();
}
}
class Mobil
{
// Properti mobil
public string Merek { get; set; }
public string Tipe { get; set; }
public int Tahun { get; set; }
public string Warna { get; set; }
// Konstruktor mobil
public Mobil(string merek, string tipe, int tahun, string warna)
{
Merek = merek;
Tipe = tipe;
Tahun = tahun;
Warna = warna;
}
// Method untuk menyewa mobil
public void Sewa()
{
Console.WriteLine("Mobil " + Merek + " telah disewa.");
}
// Method untuk mengembalikan mobil
public void Kembalikan()
{
Console.WriteLine("Mobil " + Merek + " telah dikembalikan.");
}
}
}
C#Program di atas adalah contoh sederhana dari program rental mobil. Program ini menggunakan bahasa pemrograman C# dan memiliki satu kelas utama yaitu Program
dan satu kelas tambahan yaitu Mobil
.
Kelas Mobil
digunakan untuk merepresentasikan objek mobil. Di dalam kelas ini terdapat beberapa properti seperti Merek
, Tipe
, Tahun
, dan Warna
. Terdapat juga konstruktor yang digunakan untuk menginisialisasi objek mobil dengan nilai-nilai yang diberikan.
Selain itu, kelas Mobil
juga memiliki dua method yaitu Sewa
dan Kembalikan
. Method Sewa
digunakan untuk menyewa mobil dan akan menampilkan pesan bahwa mobil telah disewa. Sedangkan method Kembalikan
digunakan untuk mengembalikan mobil dan akan menampilkan pesan bahwa mobil telah dikembalikan.
Di dalam kelas Program
, terdapat method Main
yang merupakan entry point dari program. Di dalam method ini, kita membuat objek mobil dengan menggunakan konstruktor yang telah disediakan. Kemudian, kita menampilkan informasi mobil dengan menggunakan properti-properti yang ada. Setelah itu, kita memanggil method Sewa
dan Kembalikan
untuk menyewa dan mengembalikan mobil. Terakhir, kita menunggu user menekan tombol sebelum keluar dari program.
Program di atas hanya merupakan contoh sederhana dan bisa dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.
Leave a Reply